Banyak Cara Taklukin UAS

Tuesday, June 9, 2009

Banyak Cara Taklukin UAS

Perasaan deg-degan emang sering muncul saat teman-teman kita mau ngadepin Ujian Akhir Semester (UAS) seperti saat-saat ini. Gimana nggak deg-degan, karena yang namanya UAS itu sangat nentuin nasib teman-teman kita. Apakah mereka bakal jadi penghuni tetap dikelasnya atau sukses melangkah lebih maju.

Supaya deg-degannya nggak kebangetan sampai bikin jantungan, harusnya teman-teman sudah nyiapin belajar sejak lama. Nah, sekarang apa bener teman-teman udah nglakuin cara itu?. Kru indiekasi pun menelusuri perjuangan responIn buat ngadepin UAS. Check it out.

Biasanya teman-teman males buat ngereview lagi pelajaran yang sudah mereka dapat. Namun untungnya 86,3% responIn tergolong sosok yang rajin, karena udah nyiapin strategi buat perang ngelawan UAS. “Aku jadi lebih rajin ngerjain soal-soal UAS tahun lalu. Juga soal-soal dari sekolah lain. Itung-itung untuk memperkaya materi,” begitu pengalaman teman kita dari SMAN 9 Jogja, Annisa Noviastri.

Soal persiapan emang jadi hitam putih, ada yang santai, ada juga yang serius. Karena nggak semua responIn ngadepin UAS pakai persiapan. Seperti yang dilakuin sama Jasmine Alvinia. Cewek SMAN 8 Jogja kelas X SBI yang doyan softball dan penganut SKS (Sistem Kebut Semalam). “Yang penting naik kelas dulu,hehe,” katanya.

Berdoa and belajar adalah dua hal yang banyak jadi pegangan responIn saat ngadepin UAS. Buktinya 59,2% responIn nglakuin itu. “Aku biasa shalat lima waktu di tambah shalat sunah and so shalat malam biar lebih pede,” ujar Arina Athiyallah anak SMAN 1 Teladan Jogja.

Tapi selain itu ada juga lho teman yang sampai nempuh tambahan jam les. Setidaknya 8,3% responIn nglakuin itu. “Aku belajar dari pengalaman SMP. Waktu itu aku ikut tambahan les, eh ternyata nilaiku baik,” kata Quinda kelas X dari SMAN 6 Jogja.

And pastinya saat jalani UAS, teman-teman punya harapan akan hasilnya. Dan 64,4% berharap nilainya bisa lebih baik dari semester sebelumnya. Bahkan teman kita Endi dari MAN 1 Jogja berharap dapa beasiswa seperti yang ada di papan pengumuman sekolahnya.

Sehingga beda dengan Yohanes Aditya dari SMA Kolese de Britto. Cowok smart ini sih ngakunya targetnya nggak muluk-muluk. “Ya... yang penting aku naik kelas. Jangan sampai jadi veteran (tinggal kelas). Malu sama teman-teman,” katanya.

Ok deh, bagi teman-teman met ngejalanin UAS ya. Bagi yang belum segera siap-siap met belajar yups.. we must to the best.

Ada persiapan buat UAS nggak?

Jelas ada dong 86,3%

Nggak ada 13,7%

Persiapan yang dilakuin? (2 tertinggi)

Belajar dan berdoa 59,2%

Nambah jam les 8,3%

Harapan pada UAS?

Nilai lebih baik dari semester lalu 64,6%

Yang penting naik kelas 14,6%

Bertahan Jadi SKS Mania

Sistem Kebut Semalam (SKS) atau juga sering disebut metode wayangan ternyata masih jadi andalan teman-teman SMA. Maksudnya, mereka belajar sampai nglembur-nglembur gitu. Metode itu ketahuan dari hasil polling teman-teman responIn. Karena ada 20% responIn yang milih jawaban alternatif dengan menempuh SKS untuk ngejar hasil baik dalam UAS.

Waduh, jadi inget sama Rhoma Irama yang suka begadang dong!. Padahal dari sisi kesehatan, begadang tuh nggak bagus.

Tapi saat mereka ditanya, rata-rata bilang kalau langkah itu ditempuh buat pelajaran-pelajaran tertentu saja, khususnya yang butuh diinget-inget terus.

“SKS kalau pas mata pelajaran yang materinya banyak. Soalnya, hari-hari sebelumnya aku jarang belajar, hehe.. jadi numpuk deh materi yang harus dipelajarin,” jelas Andriana teman dari SMAN 3 Jogja.

Well, selain itu, biasanya teman-teman ngelakuin SKS kalau ada dua mata pelajaran yang besoknya diuji. Emang ribet ya kalau ada lebih dari satu mata pelajaran yang buat ujian. Kalau cuman belajar salah satu saja, kan pelajaran yang satunya jadi jealous. Nah lho.. gimana dong, kalau gitu?. “Itu gunanya SKS, gara-gara pelajaran Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) yang materinya banyak banget, jadi aku palajarin seiangnya sampai malam nggak abis-abis. Akhirnya aku nggak sempat belajar yang satunya. Nah, yang satunya itu aku kebut balajar pas Subuh,” jelas Demas, cowok kelas X SMA Kolese de Britto.

Kalau Jasmine yang kelas X SBI SMAN 8 Jogja manfaatin waktu belajar sebaik-baiknya di kelas. “Pas di kelas dengerin guru ngejelasin, jadi kalau mau ujian, malamnya tinggal ngebut buat bahas lagi,” tuturnya. Terus hasilnya gimana?. “Ya sukses lha, kalau nggak ngapain diulangin terus,” imbuh Jasmine.

Wah, kalau gitu SKS bisa juga jadi salah satu jurus agar bisa ngerjain soal-soal ujian. Tapi, bukan berarti kita sehari-harinya nggak belajar sama sekali lho. SKS itu bisa di pakai kalau emang banyak banget materi yang harus dipelajari dan nggak cukup kalau cuman dipelajarin sehari saja. Terus kita juga harus nyemak penjelasan guru saat ada di kelas jadi nggak cuman ngandelin SKS doang. Well, apapun usahanya, yang penting halal deh.

PROFIL

USIA

15-16 tahun

61%

17-18 tahun

39%

JENIS KELAMIN

Cowok 50,0%

Cewek 50,0%

JUMLAH RESPONDEN

250 pelajar SMA di Yogyakarta

PENDIDIKAN

SMA 100%

0 comments: