The Silent

Wednesday, June 10, 2009


Post image for The Silent

Jika mendengar kata power pop beberapa tahun yang lalu, maka yang muncul dikepala adalah band-band alternatif dengan distorsi gitar yang menggunakan vokal dan aransemen pop, dan banyak mengingatkan pada That Dog, Jimmy Eat World, The Rentals, bahkan Weezer.

Tetapi walaupun mengambil referensi dari band-band tersebut, jarang sekali band “power-pop” Indonesia melakukan experimentasi atau eksplorasi sound dan aransemen seperti idola mereka, kebanyakan hanya mengcopy bunyi distorsi dan beberapa part karakteristik idola mereka.

Sementara The Silent sendiri adalah band yang mungkin saja terpengaruh oleh era alternatif dari tahun 90′an, dengan sound-sound dan aransemen yang terasa ‘pop’ namun dengan distorsi kotor yang mungkin direkam dengan sistem ‘tembak’. Namun resep yang mereka praktikan ternyata tidak membuat mereka ’stand out’ diantara ratusan band lain yang juga menggunakan teknik tersebut, untung saja rasa-rasanya lagunya terasa jujur dan itulah nilai lebih dari The Silent ini. Bahwa mereka memainkan sesuatu yang biasa-biasa saja, namun dengan tulus. ya minimal terasa tulus, dan itu sudah cukup.

0 comments: