Bagaikan

Saturday, May 30, 2009

Predikat Jogja yang dikenal sebagai kota seni dan budaya kian kuat. Munculnya para musisi turut memperkuat citra tersebut. Kemunculan para musisi itu kian memperkaya khasanah Jogja. Lahirnya para musisi itu menunjukan eksistensinya dunia musik Jogja yang terus menggeliat pada belasan tahun terakhir.

                Satu persatu grup band mulai invasi ke kancah nasional untuk meluaskan langkahnya menuju kesuksesan. Meski begitu, beberapa grup band yang berhasil “menasional” itu hanyalah sepersekian persen dari sekian banyak grup band yang ada di Jogja.

                Banyak grup band eksis dan lebih dikenal eksistensinya lewat jalur indie. Mempertahankan idealisme dalam bermusik selalu menjadi alasan mereka untuk masih tetap berkutat disana, meski kemungkinan ke major label tak dipungkiri selalu terbuka.

                Salah satunya adalah Bagaikan. Grup band yang sudah delapan tahun berdiri ini kian menunjukkan eksistensinya dengan meluncurkan album kedua. Terbilang sukses dengan album indie pertama yang terjual sekitar 3.500 copy dalam bentuk kaset yang dirilis tahun 2004, kini Bagaikan merilis album gres. Mereka hadir dengan album bertajuk Refresh. Album ini diproduksi Bagaikan Production dan PT IMC Duta Record.

                Refresh merupakan tawaran lain yang disodorkan Bagaikan dalam bermusik. Mereka mengusung genre yang menereka namai drive in rock. Dengan harapan bisa member penyegaran, album ini disuguhkan di tengah maraknya musickIndonesia yang sedang disesaki lagu-lagu pop melankolis.

                Dengan formasi baru, keenampersonel Bagaikan yakni Heldy Mahardika (Vocal), Bayu Bawono (Guitar), Gindo Hannisman Abbas (Guitar), Gede Eka Perbawa (Bass), Iwan Wirawan (Keyboard), dan Galih Surya Dwi Pantara (Drum) optimistis dengan musik yang di tawarkan. Mereka yakin warna musik yang mereka bawa akan member angin segar pada dunia musik Indonesia.

                Mereka juga berharap album kedua ini bisa mengobati kerinduan para penikmat musik Indonesia. Khususnya, penikmat musik di Jogja yang rindu lagu-lagu milik Bagaikan.

                Heldy mengatakan, selain akan menampilkan sebelas lagu dalam album barunya nanti, album kedua juga bakal menampilkan single berjudul Kehendak-Nya. Lagu ini pernah dirilis saat musibah gempa bumi mululuhlantakkan Jogja pada Mei 2006 silam.

                “Single ini untuk membangkitkan semangat masyarakat Indonesia, khususnya Jogja dan Jawa Tengah, atas tragedi yang pernah melanda mereka,” tuturnya. Hanya saja, single ini telah diaransemen ulang. Dikemas dalam komposisi yang lebih catchy dan fresh.

                Sedangkan hits single pertama yang akan dijadikan andalan dalam album Refresh ini adalah lagu berjudul Cinta dan Impian.

 

Profil Bagaikan

Nama                                 : Bagaikan

Base camp                      : Perum Jogja Town House 1 No. 1A

                                              Nologaten, Jogjakarta

Website                           : www.bagaikan.com

E-Mail                               : bagaikanband@yahoo.com

                                             http://myspace.com/bagaikan

                                             http://bagaikan.band.multiply.com

 

0 comments: