Black Ribbon

Saturday, May 30, 2009

Image



Terbentuk pada awal 2004 di jogjakarta, dengan formasi awal Hahan,Iyok ,dan Krisna ketiga mahasiswa seni grafis yang sudah bosan dengan repetisi pada perkembangan musik, keadaan ini membuat mereka bersemangat untuk menambah kacaunya wacana musik "bawah tanah" dengan bersenjatakan 3 buah tape rusak hasil modifikasi yang dikombinasikan dengan beat-beat digital. Pada awalnya dikenal dengan nama DJ Cassette Black Ribbon yang mengacu pada cara mereka memperlakukan pita kaset selayaknya teknik scratching piringan hitam pada turntable. Setelah 2005 Black Ribbon mulai mengubah proyek ini menjadi lebih serius dengan mengajak Gurit ( Kornchonk Chaos ) seorang ex drummer punk untuk mengisi beat-beat jazz punk pada noise mereka, tidak lama posisi tersebut diganti oleh Moky drumer band balada ( Siksri, Airport Radio ) dengan permainannya yang  lebih emosional.
Penampilan mereka pertama kali sebagai pembuka Launching party sederhana di sebuah sanggar seni menimbulkan berbagai respon yang tidak diduga. Tawaran manggung pun mulai mengalir, dari event-event kesenian sampai underground gigs. Tampil berkolaborasi dengan seorang gadis kecil anak seorang pemilik galeri seni di Bali, sampai pemukulan terhadap salah satu anggota band ketika mereka  bermain di sebuah club malam di kota Solo. Musik Black Ribbon yang berisik, kacau dan performance panggung yang atraktif, membuat beberapa seniman sound / performance art seperti Steak Daging Kacang Ijo ( Jogjakarta ), Jan Cornall ( Australia ), Danius Kesminas ( Australia ) tertarik untuk mengajak bekerja sama dalam proyek-proyek mereka.
Ter-influence oleh band-band seperti Boredom, Black Dice, Merzbow, Naked City, Masonna, Sonic Youth. Black Ribbon bereksperimen dengan radio tape rusak, gelombang radio yang telah di manipulasi, kasarnya distorsi gitar yang tiba-tiba dalam sekejab berubah menjadi nada jazzy yang manis, gelombang sumbang keyboard rusak yang dikombinasikan dengan efek-efek analog buatan sendiri dan dipadukan dengan beat drum dengan tempo lepas kendali. Ditambah penampilan vokalis yang meracau bagai kesetanan. Konsep bermusik mereka berbeda dengan musik pada umumnya, selalu berubah pada setiap pementasannya dengan kebebasan untuk mengacaukan struktur lagu dan penggunaan alat musik yang tidak semestinya.
Black Ribbon telah merilis 3 buah EP dan 1 buah CD single. Musik mereka yang jarang bisa diterima oleh penikmat musik lokal membuat mereka mengedarkannya secara gerilya sampai Malaysia, Belanda, Jepang, Jerman, Kanada, dan Australia dalam jumlah terbatas.

Discography: 
2005 : 
- EP 2005 self release
- EP + bonus track &  video life performance self release
2006 :
- Hello Noise live compilation VCD Babi records
- Kompirasi #1 compilation CD Babi records
- EP 2006 self release
- Very Limited single package CD self release

Contact :
blackribbon_sound@yahoo.com 
www.myspace.com/blackribbonyk
Hahan : +6281578814136


0 comments: