Yuuk... Temenan di Dunia Maya

Monday, May 25, 2009

Yuuk.. Temenan di Dunia Maya

 

                Waow.. teknologi komunikasi semakin dahsyat aja menembus berbagai lini. Tak terkecuali kita-kita juga bisa manfaatin nya secara maksimal. Termasuk dalam membangun pola pertemanan yang tidak saja hanya di lakukan di dunia nyata. Tapi juga bisa berteman dan menjaga silaturahmi melalui dunia maya.

                Bahkan cara-cara itupun makin lama makin digandrungi banyak teman kita. Cara pertemanan yang lebih ngetren dengan sebutan Social Networking atau Jejaring Sosial itupun semakin banyak pilihannya. Ada Facebook, Friendster, My Space, dan masih banyak lagi lainnya.

                Maka, sejauh mana cara itu di sukai teman-teman Jogja dan fasilitas apa yang mereka pilih, semua itu disampaikan oleh teman-teman responIn. Dan sejauh mana pula teman-teman kita yang masih duduk di bangku SMA mengenal dan memanfaatkan?

                Ternyata dari 200 polling yang di sebar khusus untuk teman-teman SMA, 94% responIn ternyata sudah mengerti yang di maksud dengan social networking. Tapi yang punya atau menerapkan fasilitas itu cuma 92,7%. Jadi emang benar kalau ngerti itu nggak harus memiliki, hehe.

                Nah, situs jejaring sosial yang paling banyak dikunjungin atau jadi favorit responIn adalah Facebook (52,7%) di susul Friendster (42%). Banyaknya teman-teman responIn yang punya Facebook menempatkan system pertemanan dunia maya itu sebagai dolanan favorit mereka (43,3%), selain itu ada yang tertarik karena tampilannya menarik dan mudah dimaenin (30,7%) sehingga responIn jatuh hati sama yang namanya Facebook atau yang akrab kita sebut dengan FB (bukan BF loh). Adanya fitur chatting dan mudah nemuin teman juga membuat responIn betah banget maen FB. “Seru aja maenan FB, bisa chatting dan gampang banget nemuin teman-teman yang belum jadi temanku di FB,” ujar Yuda siswa SMAN 11 Jogja.

                Lain halnya Yuda, Dhyana dari SMAN 3 Padmanaba Jogja yang menyatakan suka maen Facebook karena FB itu katanya Dhyana bangettt. Loh kok gitu?. “Aku itu anaknya cerewet, supel dan suka punya banyak teman makanya pas maenan FB aku ngerasa nemuin Dhyana,” seloroh gadis yang doyan online ini. Terus Dhyana bangetnya dimana? Kok nggak nyambung ya?

                Perlu teman-teman tahu, kalau si empunya Facebook si Zuckerberg mendapatkan penghargaan dari Majalah Forbes sebagai miliuner “self made” termuda di planet ini. Then saat ini ada lebih dari 175 juta pengguna aktif dengan berbagai fasilitas yang ada di Facebook, kini situs ini jadi situs keempat yang paling sering di kunjungi di dunia maya. Waow ..

Apa sih motivasi kalian punya Social Networking?

(2 tertinggi)

Nambah teman dan ngurangin musuh (cinta damai)                   60%

Alat komunikasi                                                                                           20%

 

 

Nambah Teman Dan Ngurangin Musuh Untuk Cinta Damai

                Siapa bilang teman-teman SMA di Jogja hanya suka musuhan ama tawuran? Hari gini tawuran?! Capcay day, hehe. Nambah teman dan ngurangin musuh (cinta damai) ternyata adalah hal yang paling di suka oleh responIn. Buktinya mereka yang punya Facebook, Friendster maupun Social Network dan lainnya, 60% di antara responIn mengaku punya tujuan baik, yakni buat nambah teman sama ngurangin musuh alias cinta damai coy. Sedangkan 20% lainnya punya Social Networking yang dipakai sebagai alat komunikasi, entah untuk komunikasi sama pacar, teman, ortu, pakdhe, bahkan samapi eyang kakung.

                “Sudah nggak zamannya musuh-musuhan, apalagi sampai tawuran segala, mumpung sekarang banyak fasilitas buat nambah teman. Apalagi sekarang kita udah bisa nambah teman lewat Social Networking, napa nggak itu kita manfaatin,” ujar siswa SMA Muhammadiyah 1 Jogja, Muhammad Robby Rafsonjani atau yang akrab di panggil Oby Nying-Nying.

                Apa yang di omongin Oby Nying-Nying itu emang banyak benarnya, mumpung banyak fasilitas buat nambah teman sebanyak-banyaknya, kenapa nggak kita manfaatin dengan baik dan benar. Sudah seharusnya kita cinta damai dan bersama kita bisa!! Loh kok malah kayak slogan pemilu?

Ngerti Social Networking nggak?

Yo ngerti lah              94%

 

Ora dong!                     6%

Punya Social Networking nggak?

Punya                      92,7%

 

Nggak punya e       7,3%

Social Networking favoritmu apa?

Facebook               52,7%

 

Friendster                  42%

Kenapa jadi favoritmu?

(2 tertinggi)

Banyak teman

yang punya                                        43,3%

Tampilan menarik

dan gampang maenin                   30,7%

 

 

 

 

 

PROFIL

USIA

 

14-16 tahun

46,7%

17-19 tahun

53,3%

JENIS KELAMIN

Cowok                                                 50,0%

Cewek                                                 50,0%

JUMLAH RESPONDEN

200 pelajar SMA di Yogyakarta

PENDIDIKAN

SMA 100%

 

0 comments: