Monday, May 25, 2009

Basket Keren, Musik Bikin Beken

 

Ekskul favorit? (2 tertinggi)

Basket                                                   40%

Musik                                                    30%

Ekskul paling diikutin? (2 tertinggi)

Basket                                                   36%

Musik                                                 33,3%

 

                Nggak heran kalau Didit dan Mia punya banyak fans di skulnya. Mereka juga cukup beken. Didit yang kece (keren dan ceriwis) juga dikenal sebagai jagoan basket di skulnya. Apalagi tim skulnya sering jadi jawara. Sementara Mia adalah keyboardis kebanggan band skulnya.

                Ada nggak ya teman-teman kita yang seasik dan seberuntung Didit dan Mia?. Pasti seneng banget deh punya bakat atau hobby yang bisa bikin kita berprestasi dan disuka banyak teman-teman di skul. Trus ekskul apa yang paling disuka en di gandrungi sama responIn?. Apakah ekskul yang di gelutin Didit dan Mia masih di gandrungi?. Atau ekskul yang diikutin Cristiano Ronaldo dan Anna Kournikova?. Hehe.

                Mayoritas (40%) responIn milih basket sebagai ekskul favorit di skulnya, terus 30% milih musik. Meski di suka, tapi belum tentu diikutin loh. Buktinya meski 40% suka sama basket, tapi yang ikutin ekskul basket di skul Cuma 36%, beda banget sama ekskul musik. Meski hanya di suka 30% responIn, tapi yang ikutan metik gitar, gedebukan di belakang drum, nggesek biola, dan nyanyi ada 33,3%.

                Seperti di utarakan Ryan Christyanto. Siswa kelas XII IA SMA Bopkri 1 Jogja itu juga tenar di skulnya gara-gara pernah di kirim ke Australia mewakili tim bola basket DBL (Deteksi Basketball League) melawan tim basket SMA di negeri kanguru. “Aku seneng banget bisa maen basket, apalagi pas jadi Champion DBL Radar Jogja 2008, trus di kirim ke Aussie, sampai susah banget ngungkapinnya,” kenang Ryan.

                Beda lagi dengan Laurensius Dhion dari SMA Pangudi Luhur. Dia suka basket bukan karena menyalurkan bakat atau hobby, tapi sekedar pengen eksis aja. “Basket itu keren, so pasti banyak cewek yang suka. Jadi boleh donk numpang eksis dan keren lewat ekskul basket, haha,” selorohnya sambil ketawa.

                Bosen dengan basket atau capek gara-gara basket?. Jangan khawatir, kan masih banyak ekskul lain yang bisa dipilih dan diikutin. Contohnya ekskul musik yang juga di gandrungi responIn. Katanya sih biar beken gitu, kali aja bisa punya band dan bisa manggung bareng Captain Jack, Vierra, Mulan Jameela, Aura Kasih, atau Coldplay, hahaha.

                “Aku suka maen musik, makanya ikut ekskul musik. Di ekskul aku niup recorder, coz dari kecil aku bisanya ya cuma maenin itu. Jadi kalau diitung-itung, sekarang aku mungkin udah grade master nya recorder kali ya, hahaha,” ujar Insan siswi kelas X SMAN 9 Jogja.

                Katanya, seru juga bisa maen alat tiup kayak recorder, setidaknya dia bisa nglatih pernafasan dan bisa ngasih nafas buatan bagi teman-teman yang membutuhkan. Ikut ekskul musik kayaknya nggak harus mahir maen alat musik. Buktinya Grecia Natalie Liem dari Santa Maria Jogja ikut ekskul musik tanpa bisa maen alat musik. Justru dengan ikut ekskul musik, Grecia berharap bisa maen semua alat musik. “Kalau bisa maen alat musik itu enak. Ada hiburan buat kita pas lagi sedih,” ujar Grecia yang mulai mahir metik-metik senar.

                Apapun alasan responIn emang slalu kita terima dengan lapang dada, mau jadi tempat nyalurin hobby, ajang cari jodoh, sampai numpang eksis, asal ekskul bisa bikin responIn lebih berprestasi dan bikin bangga sekolah, why not?

 

Takut Mati Gaya, Ikutan Ekskul

Fasilitas ekskul di skul udah memadai belum? (2 tertinggi)

Udah donk                                             57%

Belum lah                                               43%

 

Kenapa ikutan ekskul? (2 tertinggi)

Hobby                                                  47,5%

Ngisi waktu luang                                20%

 

Manfaat ikutan ekskul? (2 tertinggi)

Nyalurin hobby                                    56%

Nambah kegiatan                               30%

 

                Banyak alasan responIn ikutan ekskul, mulai dari ajang penyaluran hobby, sekadar pengen eksis, pengen ngebanggain sekolah kalau ada lomba, sampai pengen dapat banyak teman. Semua itu udah dibuktiin sama pilihan responIn. Mayoritas (47,5) responIn ngaku ikutan ekskul karena hobby. Sedangkan 20% responIn ikut ekskul karena cuma pengen ngisi waktu luang.

                Itung-itung ngembangin kesenengan biar tambah oke lagi di bidang tertentu. Kayak yang diungkapin Jordie Rindra Wibowo dari SMAN 8 Jogja. “Aku ikut basket karena sejak SMP udah suka basket. Jadi sayang kalau nggak di lanjutin. Sekalian biar tetep eksis juga di skul,” kata Jordie.

                Dengan ikut ekskul, setidaknya banyak pengalaman dan ilmu yang bisa di peroleh, boring banget kan kalau di skul cuma belajar dan belajar. Nah ekskul bisa jadi tempat buat refreshing, nyalurin bakat atau hobby.

                Biar nggak mati gaya, ada juga responIn yang ngisi waktu luangnya dengan ikut ekskul. “Daripada ngelakuin kegiatan negatif, mending ikut ekskul. Udah ketahuan dampak positifnya,” ujar Setyadi Eko Jati siswa kelas XI SMAN 5 Jogja.

                Soal manfaat, mayoritas (56%) reponIn menilainya sebagai tempat untuk nyalurin hobby. Mereka nganggep ekskul bisa jadi tempat ngembangin diri. Terus 30% responIn menempatkan ekskul sebagai tambahan kegiatan di luar jam pelajaran. “Setelah aku ikut ekskul, sekarang aku jadi kenal futsal. Padahal semula cuma iseng aja. Ya daripada mati gaya setelah pulang skul, mending maen futsal.” Kata Arif


PROFIL

USIA

 

15-16 tahun

50%

17-18 tahun

50%

JENIS KELAMIN

Cowok                                                 50,0%

Cewek                                                 50,0%

JUMLAH RESPONDEN

200 pelajar SMA di Yogyakarta

PENDIDIKAN

SMA 100%


 

 

 

0 comments: