Monday, May 25, 2009

Olahraga Bikin Sehat, Matematika Bikin Pusing

Pelajaran yang paling ku suka? (2 tertinggi)

Olahraga                                     37%

Teknologi Informasi               28%

 

Pelajaran yang paling ku benci? (2 tertinggi)

Matematika                              35%

Fisika                                            30%

 

 

Kenapa di suka?

(2 tertinggi)

Mudah dipahami                             50%

Selalu dapat nilai bagus                24%                                                            

 

Kenapa di benci?

(2 tertinggi)

Susah banget dipelajarin             51%

Bosenin                                               31%

 

                Pelajaran di skul selain bikin kita bête, pusing, ngantuk, dan lain sebagainya, ternyata masih ada juga pelajaran yang bikin kita nggak ngantuk, bahkan bikin tubuh kita sehat dan kuat. Apalagi kalau bukan pelajaran olahraga, hehe.

                Yup, karena nggak bikin ngantuk dan bikin tubuh kita jadi lebih sehat, nggak heran deh kalau olahraga jadi pelajaran yang paling di suka sama responIn, pelajaran olahraga meraih suara terbanyak untuk pelajaran yang di suka dengan 37%, disusul pelajaran yang ada kaitannya dengan Teknologi Informasi 28%. Banyak responIn yang ngeluarin unek-unek mengapa mereka suka banget sama pelajaran yang selalu ngeluarin keringat sehat ini, salah satunya adalah Hanif Muhammad dari SMA Muhammadiyah 1 Jogja. “Olahraga itu enjoy dan bikin kita melek di pagi hari, selain itu suasana serius tapi nyantai yang aku peroleh di pelajaran ini. Bahkan aku sampai bercita-cita jadi guru olahraga,” selorohnya sambil ketawa.

                Beda lagi sama Vetty Vera dari Stella Duce 1 Jogja. Cewek manis yang kulitnya sawo matang ini suka banget sama pelajaran olahraga karena ngerasa dapat anugerah dari Tuhan dan punya talenta di bidang olahraga. “Aku bersyukur banget diberi kelebihan sama Tuhan, sehingga aku ngerasa punya talenta di bidang olahraga, khususnya basket.” Vera – sapaan akrab Vetty Vera yang jagoan basket di sekolahnya juga nambah, suka olahraga karena bikin berjiwa sportif.

                Selain pelajaran olahraga yang jadi Most Favourite Lessons, pelajaran Teknologi Informasi juga jadi pelajaran kedua yang paling di suka responIn. Era globalisasi yang erat kaitannya sama kecanggihan teknologi jadi salah satu faktor mengapa Teknologi Informasi juga di suka responIn.

                Seperti di utarakan Fransisca yang juga teman sekelas Vera. “Kalau aku, paling seneng banget sama pelajaran Teknologi Informasi coz, sekarang kan zamannya IT, jangan samapai deh kita jadi generasi penerus yang gaptek.”

                Kalau ada pelajaran yang di suka, so pasti ada pelajaran yang di benci dan justru bikin responIn lebih semangat buat belajar, meski nggak donk dan susah banget memahaminya. Pelajaran berhitung seperti Matematika (35%) dan Fisika (30%) bikin responIn pusing dan capek deh.

 “Matematika selalu jadi mimpi burukku,” ujar Gus Randy dari SMA Muhammadiyah 1 Jogja. Banyak cara dan usaha yang di lakukan sama Gus Randy agar cinta mati sama pelajaran matematika, mulai dari bergaul dengan genk si pandai (kutu buku dan jawara olimpiade matematika) hingga berdoa dan puasa senin-kamis. Salut deh buat Randy yang berusaha cinta matematika.

Usaha yang dilakukan biar nggak benci sama itu pelajaran? (2 tertinggi)

Berdoa                                                            42%

Belajar lebih giat                                          37%

 

 

Berdoa Khusyuk, Belajar Lebih Giat

                Apa yang harusnya kita lakuin saat kita nyoba untuk mencintai sesuatu yang nggak kita cintai dan nggak kita suka?. Berusaha mencintainya, berdoa, beramal soleh, dan membuang sampah pada tempatnya, hehe.

                Salut deh buat para responIn, meski nggak suka sama pelajaran yang bikin mereka pusing, toh responIn masih berusaha untuk nggak benci sama itu pelajaran, 42% responIn memilih jalan berdoa agar mereka nggak benci-benci amat sama pelajaran yang bikin responIn bête, terus 37% responIn nyoba lebih giat supaya bisa sayang sama pelajaran yang mereka benci.

                Seperti yang di utarakan Arinda Febriana, siswi dari SMAN 6 Jogja. “Biar aku nggak benci sama pelajaran yang bikin aku susah dapat nilai bagus, aku selalu berusaha mencintai apa adanya dan minta ajarin sama teman-teman yang selalu jadi jawara kelas.”

                Nggak jauh beda sama si Arinda yang ngandelin para jawara kelas atau kutu buku, Farid Nurul Iman, siswa kelas XI SMA Budi Mulia 2 Jogja. “Hoki banget deh punya teman si Kutu Buku, bisa kita andelin dalam segala medan pertempuran, baik pas belajar bareng di rumah maupun pas ujian di kelas. Farid juga nambahin, selain minta bantuin si kutu buku, cara efektif yang sering aku lakuin adalah berdoa dan memohon petunjuk-Nya.”

                Jalan yang di tempuh Arinda dan Farid, kayaknya bisa kita tiru tuh, biar kita nggak terus-terusan negative thinking sama pelajaran yang susah banget kita pelajarin dan kita pahamin.

                So, kenapa kita kudu benci sama pelajaran?. Masih banyak hal yang bisa bikin kita lebih mencintainya. Kita harus nyoba lebih terbuka aja. Jangan ngejudge diri kita nggak bisa. Berdoa juga udah termasuk usaha jitu, hehe.

               

PROFIL

USIA

 

15-16 tahun

50%

17-18 tahun

50%

JENIS KELAMIN

Cowok                                                 50,0%

Cewek                                                 50,0%

JUMLAH RESPONDEN

200 pelajar SMA di Yogyakarta

PENDIDIKAN

SMA 100%

0 comments: