Monday, May 25, 2009

Tak Selamanya Nyontek Itu Indah

 

Perasaan setelah mencontek? (2 tertinggi)

Nyesel                                   54,3%

Bangga                                   25,6%

 

Mencontek itu wajar nggak?

Wajar                                     76,7%

Nggak lah                              23,3%

 

                Pernah kebayang nggak?. Pas ujian, tiba-tiba otak kita blank and nggak bisa ngejawab soal yang ada di depan kita. Trus yang jaga ruang ujian pasang muka garang pula, bikin tambah sebel aja, so lengkaplah penderitaan kita dan bersiaplah senam leher dan senam mata untuk copy paste jawaban, atau lebih akrab disebut dengan mencontek. Beuuh, nyontek, nggak banget deh!!!

                Apakah mencontek masih jadi shortcut responIn ketika mereka nggak punya inspirasi buat ngejawab soal ujian?. Apa yang ngebuat responIn melakukan hal “tabu” itu?. Kira-kira responIn nyontek pas UTS (Ujian Tengah Semester) atau UAS (Ujian Akhir Semester) ya?. Mau tahu jawabnya, mari kita simak baik-baik hasil penelusuran kru indiekasi dan beberapa pendapat responIn soal mencontek.

                Hmmm… ternyata 89,2% responIn ngaku pernah nyontek pas ujian, nggak takut kepergok sama guide room alias penjaga ruangan? Hehehe. Trus 65% responIn ngaku, susahnya pelajaran yang akan diujikan mereka gerah dan gelisah, sehingga harus rela nyontek jawaban teman.

Pernah nyontek pas ujian?

Pernah                                                     89,2%

Nggak pernah                                       10,8%

 

Kenapa nyontek? (2 tertinggi)

Pelajarannya susah                            89,2%

Nggak pede                                           10,8%

 

Biasa nyontek ketika apa?

UAS (Ujian Akhir Semester)           59,2%

UTS (Ujian Tengah Semester)        40,8%

 

                Rr. Ardhiana dari SMA Muhammadiyah 1 Jogja punya cerita seputar contek-mencontek. Selain pernah nyontek, ternyata dia juga jadi tumpuan teman-teman sekelas untuk berbagi hasil jawabannya. “Kalau nyontek, pasti semua pernah ngelakuin, termasuk aku, tanpa bermaksud nyombong and sedikit narsis nih, teman-temanku juga sering loh nyontek ke aku pas ujian, bisa dibilang aku yang paling pintar di kelas coz anak anak pintar lainnya beda kelas sama aku,” kisahnya.

                Sama halnya Rahmindya Anung siswi SMAN 8 Jogja yang juga pernah mencontek pas ujian, “Wah nyontek kayaknya udah jadi hal biasa buat kita semua, kayaknya udah membudaya gitu deh buat anak-anak sekolah, mulai dari SD sampai SMA pasti pernah nyontek, hahaha,” ujarnya serya tertawa.

                Kalau Anung dan Nana di kubu pecontek, beda lagi sama Isti Radhista dari SMAN 1 Teladan Jogja. Gadis yang biasa dipanggil Isti ini malah nggak pernah nyontek, beuuuh pasti udah pintar and rajin nih anak. “Rugi banget kan kalau nyontek, toh belum tentu jawaban teman kita benar, mending belajar aja biar kita juga dapat ilmu, jadi kita nggak perlu susah-susah nyontek lagi,” terangnya.

                Benar juga tuh apa yang di omongin Isti, kayaknya mending kita belajar aja deh daripada capek-capek nyontek.

                Nah, moment yang paling pas buat nyontek tuh pas UTS or UAs ya?. Kayaknya semua moment bisa pas deh kalau soal nyontek menyontek, hehehe. Mayoritas (59,2%) responIn milih nyontek pas UAS, terus 40,8% milih nyontek pas UTS. Seperti yang di utarakan Hermas Aditya dari SMAN 7 Jogja. “Kalau aku biasa nyontek pas UAS. Kan UAS itu faktor penentu buat kita naik kelas, tapi aku juga belajar, nyontek aku lakuin pas mentok and benar-benar nggak bisa ngejawab soal ujian,” ujarnya.

 

Habis Nyontek Nyesel Banget

                Habis nyontek, ternyata banyak hal yang muncul dan dirasakan sama pelakunya. Negara berdosa, bangga, or puas. Kru indiekasi ngebuktiin gimana perasaan para responIn setelah nyontek.

                Dari 250 responIn yang ngasih opini, nyebutin kalau kebanyakan (54,3%) nyesel setelah nyontek. “Aku benernya nyesel kalau nyontek. Gimana nggak, seharusnya aku bisa ngerjain sendiri malah nyontek,” keluh Yodito Nugrahacky dari SMAN 6 Jogja.

                Benar juga sih, nyontek itu cuman jalan pintas. Nggak ngasih sesuatu yang spesial buat otak kita. “Yah… gimana ya… nyontek itu sebenernya buat aku malu juga. Apalagi kalau dapat bagus, nyesel aku ngerasa bukan hasilku sendiri,” imbuh Clara Tabitha dari SMA Stella Duce 1 Jogja.

                Emang benar apa yang diungkapin mereka berdua, nyontek cuma ngasih rasa sesal yang mendalam. Jangan sampai kita jadiin nyontek andalan kita.

                Eeits.. jangan salah dulu, di balik penyesalan mereka juga bersirat rasa bangga. Kebanggaan itu muncul kalau yang mereka perjuangan itu muncul kalau yang mereka perjuangkan itu berhasil. Yah.. cuman dikit sih (25,6%) responIn yang ngerasa bangga sama kejahatannya. “Ada kemungkinan benar sih kalau nyontek, hehe. Makanya nyontek is the best,” ujar Koko Prasetya dari SMK 2 Jogja.

                Nyontek bakal seru yang nunggu pas guru killer. “Puas banget kalau bisa nyontek pas guru killer. Rasanya kayak habis ngindarin rintangan paling berat, hahaha,” imbuh Hermas Aditya dari SMAN 7 Jogja.

                Tampaknya, nyontek itu jadi sesuatu yang wajar. Kebanyakan responIn (76,7%) ngomong kalau nyontek itu udah wajar banget. Nyontek udah dilakuin setiap saat en setiap waktu. Ada kesempatan nyontek pasti dilakuin. “Wajar banget lah nyontek itu. Udah lengket banget sama anak-anak sekolah,” kata Rahmindya Anung dari SMAN 8 Jogja.

                Banyaknya tugas en ulangan ngebuat jalan pintas lebih disenengin. Walau pun ada 23,3% responIn yang ngomong nyontek itu nggak wajar.

                “Buat aku, nyontek itu nggak wajar. Kita bisa berusaha sendiri, kenapa malah nyontek. Kayak nggak PD aja sama kemapuan,” kesan Isti Radhista dari SMAN 1 Teladan Jogja.

                Nyontek atau nggak, sebenarnya tergantung sama diri kita. Di satu sisi kita butuh jawaban benar, tapi kita nggak belajar, akhirnya nyontek. Baiknya, sekarang diubah cara mikirnya, ngasih yang terbaik buat ke depan. Jangan cuma instan.

 

PROFIL

USIA

 

15-16 tahun

50%

17-18 tahun

50%

JENIS KELAMIN

Cowok                                                 50,0%

Cewek                                                 50,0%

JUMLAH RESPONDEN

250 pelajar SMA di Yogyakarta

PENDIDIKAN

SMA 100%

0 comments: