Bell Bottom Blues Trio

Saturday, May 30, 2009

Image 



introducing :

Ruzan as Singer n Guitar Player
Fahmi as Bass Player
Dhana as Drum n Percussion Player

PEACE, LOVE, n SPIRITUALLITY
SEJARAH SINGKAT
BELL BOTTOM BLUES TRIO

    Berawal dari Dreamband 2004, di mana band DF5 gagal total meyebabkan salah satu gitarisnya yaitu Ruzan berniat untuk mengabdikan diri dalam musik untuk membalas rasa kecewanya.
 Ruzan menemukan jati diri dan cita-citanya pada the blues yang dibilang kuno oleh produser dan juga teman-teman bandnya selama di Dreamband 2004. maka pada tahun itu juga terbentuklah Bell Bottom Blues dengan personil Ruzan seorang diri.
Ruzan pun memulai perjalanannya di dunia musik blues dengan mencari personel Bell Bottom Blues. Tetapi mencari personil tidaklah mudah. Halangan dan rintangan terus datang bertubi-tubi selama dua tahun. Dalam pencariannya, Ruzan pun semakin terasah. Dia menyempatkan diri terbang ke Jakarta sendirian untuk berguru gitar kepada salah seorang master blues di Indonesia, Rama Satria “ Jaque Mate”.
Dua tahun yang penuh rintangan tidak menyebabkannya putus asa. Selama dua tahun itu Ruzan berusaha seorang diri untuk mencoba menciptakan musik yang dapat diterima pasar luas namun tetap dimainkan dengan jiwa blues yang kental dengan showmanship yang memukau seperti idolanya, Jimi Hendrix and The Experiences. Ruzan mulai menulis lagu dan merekamnya sendiri. Namun keterbatasan personil makin menghalangi cita-cita Ruzan yang mulai mengalami stagnasi.
Sampai akhirnya pada suatu saat, Ruzan bertemu dengan Fahmi, bassis dari band Hip Metal Othello, sound operator Gong juga seorang mahasiswa contra bas di salah satu universitas musik di Yogyakarta. Berangkat dari kehilangan “soul” dan kebebasan bermain musik, Fahmi mengajak Ruzan bermain Blues. 
 Malam itu juga, fahmi dan Ruzan bertemu dengan Dhana, drummer Band Distant dan seorang mahasiswa pertanian UGM. Berangkat dari perasaan yang sama dengan Fahmi, ditambah kelelahan yang dialami dalam bermain musik bertekhnik tinggi (heavy metal, progresif), dia pun sepakat untuk bergabung bersama Ruzan dan Fahmi dalam Bell Bottom Blues. Lengkaplah sudah personel Bell Bottom Blues.
Band yang mereka bentuk akhirnya dinamakan Bell Bottom Blues Trio atau disingkat Bb Blues Trio, sebuah blues trio dengan personil Ruzan, Fahmi, dan Dhana.
Diawali dengan menggarap lagu-lagu Jimi Hendrix, mereka semakin kompak dan matang. Semakin hanyut dalam “soul”, yaitu perasaan yang sangat sensasional yang dirasakan saat bermain musik dgn penuh perasaan. Kepuasan yang sangat luar biasa dalam bermusik, lupa segalanya, penuh keikhlasan dan tentu saja spiritual. Dengan tiga kali latihan di studio dan dua showcase yang sensasional, mereka kemudian bertekad untuk mengabdi pada musik blues dan ingin membagikan perasaan yang luar biasa itu kepada masyarakat lewat show-show Bell Bottom Blues. Kini mereka mencoba untuk memberikan “sesuatu” kepada dunia musik Indonesia dengan motto :
“ kami akan bermain di mana saja dan kapan saja dengan 200% effort dan soul”

“PEACE, LOVE, SPIRITUALITY”
BELL BOTTOM BLUES TRIO
VISI DAN MISI
BELL BOTTOM BLUES TRIO

MISI :
Memberi sesuatu pada dunia musik Indonesia.
Mengabdi pada 200% effort dan “soul” dalam bermusik.
Memblueskan masyarakat dan memasyarakatkan blues.
Membuat wadah hobi dan ngejam bareng penggemar blues di Jogja, “Jogja Blues Community”.
menyampaikan pesan-pesan positif ke masyarakat lewat musik dan lirik-lirik lagu Bell Bottom Blues.
Menjaga dan memperkenalkan ketulusan dan keikhlasan dalam bermusik.
Meremajakan musik Blues di Indonesia.

VISI :
    Mencoba untuk menjadi “sesuatu” dalam dunia musik Indonesia, Blues dipilih menjadi soul bermusik karena sedikitnya pengusung blues di Indonesia dan karena semangat kebebasan, ketulusan, spiritualitas, dan cinta yang kami rasakan dari blues.
Namun sayangnya blues selalu berkesan “musik orang tua”, disini Bell Bottom Blues mencoba mengemas soul dan feel blues yang kental dalam kemasan yang lebih muda dan “catchy” untuk meremajakan blues. Bell Bottom Blues memadukan musik-musik seperti blues, pop, RnB, funk, soul, sedikit jazz dan reggae dan jadilah aliran musik khas Bell Bottom Blues. Didukung dengan aksi panggung dan showmanship ala Jimi Hendrix and The Experiences, dengan konsep tiga orang personil yang berkesan cukup unik dan menantang,
Bell Bottom Blues bertekad untuk menjadi “sesuatu” dalam dunia musik Indonesia.



“PEACE, LOVE, SPIRITUALITY”
BELL BOTTOM BLUES TRIO
BIODATA PERSONEL


Nama                            : Ruzan Fikra
TTL                               : Michigan, 31 Juli 1986
Posisi                            : Guitar, Vocal, Keyboard, MC, Harmonica, dll
Style permainan             : Blues, Funk, RnB, Psychedelic, Soul.
Influence                       : Jimi Hendrix, SRV, James Brown, Nirvana, Buddy Guy, John                                          Mayer, Los Lonely Boys, Marvin Gaye, Bob Marley, Santana.
Pengalaman                    : Ex Dreamband 2004 Jogja DF5
                                          Additional berbagai band
Alat                                : Strat hadicaster/ Sweet Gurls
                                         Strat k2custom/ White Lady
Motto                             :  Gue bisa mentas di mana aja..

BIODATA PERSONEL

Nama                  : Alfahmi
TTL                     : Medan, 27 September 1984
Posisi                  : Bass, Sampling, Percussion, Sound operator, Backing Vocal
Style permainan   : Blues, Rock, Groove, Soul.
Influence             : Marcus Miller, Jimi Hendrix, Tommy Shannon ( SRV)
Pengalaman         : Sound operator Gong
                              Bassis Othello- Hip Metal-
                              Mahasiswa Contra bass
Alat                      : Jazz Bass Custom Fahmi Series
Efek                     : Jari, Hati, dan Jiwaku.
Motto                            : Aku Fahmi dan inilah aku!!
BIODATA PERSONEL


Nama           : Dhana Mahendra
TTL             : Yogyakarta, 12 Agustus 1983
Posisi    : Drum, Percussion, Backing Vocal
Style permainan             : Blues, Rock, Funk, Groove, Alternative,  Progresive, Soul
Influence                        : Mike Portnoy, Wong Aksan, Mitch Mithcel, Lars Ulrich,
      Los Lonely Boys
Pengalaman       : Drummer Dementor – Heavy Metal
                                         Drummer Distant – Pop Alternative
Alat        : Stick maple 7a
Motto     : Jadi yang terbaik untuk orang lain

BELL BOTTOM BLUES
DUA PANGGUNG PERTAMA YANG SENSASIONAL


1.  League kafe, 12 Des 2006
    
    Acara komunitas seni kehutanan ( KSK) di League Kafe, Bell Bottom Blues di tunjuk menjadi band pertama. Karena respons penonton yang luar biasa, pertunjukan yang seharusnya hanya  30 menit menjadi satu jam.
    Diawali dengan lagu “Indonesia Raya” yang dibawakan dengan miris dan penuh kesedihan dan disusul dengan lagu demi lagu yang dibawakan dengan adegan-adegan panggung yang teatrikal memukau para pengunjung League Kafe malam itu.
    Pertunjukan di League Kafe diakhiri dengan tragis, di mana Ruzan “bercinta” dengan gitarnya, menari-nari, membanting gitarnya kesana kemari dan kemudian memeluk gitarnya dengan penuh kegetiran seiring padamnya lampu panggung. Penonton terpukau dan merasa mendapatkan “sesuatu” yang baru dan sensasional bagi mereka.

2.  Kehutanan UGM, 15 Des 2006

    Pertunjukan Bell Bottom Blues yang kedua kalinya, sebuah acara kecil-kecilan di fakultas kehutanan UGM Bell Bottom Blues membawakan dua buah lagu pendek yang menjadi lama karena showmanship dan improvisasi dari Bell Bottom Blues.
    Dua lagu yang sensasional tersebut lagi-lagi diawali dengan lagu “ Indonesia Raya” yang kemudian dilanjutkan dengan lagu blues murni dari Stevie Ray Vaughan yang berjudul Texas Flood dan ditutup dengan lagu Tears in Heaven dari Eric Clapton.
    Dalam membawakan lagu Tears in Heaven, Bell Bottom Blues duduk di depan panggung mencoba mendekatkan diri dengan penonton. Dhana, sang drummer kali ini memainkan djembe. Dengan vocal Ruzan yang penuh rasa sakit dan komunikasi yang baik dengan penonton serta ditambah lagi dengan ketulusan Dhana dan Fahmi, penonton yang memenuhi fakultas kehutanan UGM malam itu terhanyut dan menyatu dalam musik yang mereka bawakan.
    Lagu Tears in Heaven diakhiri dengan solo djembe dari Dhana yang sangat emosional, penuh rasa sakit dan kegetiran. Sebagai puncak aksinya, djembe yang dimainkan oleh Dhana dibanting untuk meluapkan perasaannya yang diikuti oleh Ruzan dan Fahmi membanting gitar dan bas mereka.
    Lampu dimatikan, penonton yang melihat aksi mereka malam itu terbawa suasana. Antara terharu dan kebingungan. Tak lama kemudian, lampu dinyalakan, Bell Bottom Blues memberikan encore yang tulus kepada penonton, dan sambutan tepuk tangan dari penonton sahut menyahut tak henti-hentinya.
    Dan akhirnya, Bell Bottom Blues mencoba berterima kasih kepada penonton dengan satu lagu lagi, Get Up Stand Up dari Bob Marley. Dan pesta malam itupun berlanjut, bersatu dalam irama musik Bell Bottom Blues.

SONG LIST

1. Lagu ciptaan Bbblues trio:
    ~ Keep on Keepin on
    ~ Love Rules
    ~ Djogja
    ~ My Baby Blue
    ~ Soul Machine
    ~ My Reason to Live
2.  Lagu ciptaan orang lain :
    a. Jimi Hendrix :
    ~ Purple Haze
    ~ Voodo Child (slight return)
    ~ Spanish Castle Magic
    ~ Little Wing
    ~ Red House
    ~ Hey Joe
    ~ Foxy Lady
    b. Blues Legend :
    ~ Stormy Monday
    ~ The Sky is Cryin
    ~ Tin Pan alley
    ~ Texas Flood
    ~ Leave My Litlle Girl Alone
    ~ Pride ‘n Joy
    ~ The House is Rockin
    ~ Cold Shot
    ~ Born Under a Bad Sign
    ~ 3 o’Clock Blues
    ~ Need Your Love so Bad
    c. Lagu POP rasa Bell Bottom Blues Trio :
    ~ If I Aint Got You ( Alicia Keys)
    ~ Wonderful Tonight (Eric Clapton)
    ~ Tears In Heaven (Eric Clapton)
    ~ Heaven (Los Lonely Boy)
    ~ Easy (Lionel Richie)
    ~ What a Wonderful World (Louis Amstrong)
    ~ Pupus (dewa)
    ~ Still Got The Blues/ Kopi Dangdut
    ~Knockin on Heaven’s Door ( Eric Clapton)

DAN AKAN TERUS BERTAMBAH…
That’s All Folks!

BELL BOTTOM BLUES TRIO


Akhir kata....

Teman – teman dapat menghubungi kami di..

The House of Blues :
Prujakan, Dayu, Jl. Damai 16
Sleman Yogyakarta 55581
(0274)888757

Contact Person :
Ruzan 081931181284
Fahmi 081578095543
Dhana 081392290070

Email, Friendster : 
BellBottom_blues3@yahoo.co.id 


Bell Bottom Blues Trio sangat mengharapkan dukungan, do’a restu, dan partisipasi dari teman - teman sekalian.. sebelumnya, kami haturkan terimakasih sebesar-besarnya.., KEEP THE BLUES 
ALIVE!!!

0 comments: