Heinrich Maneuver

Saturday, May 30, 2009


Band asal Jogja yang terbilang baru atau mereka lebih sering menyebutnya dengan istilah yang agak sok biologis dengan istilah premature ini cukup menarik buat dibicarain. Mereka adalah band yang mengusung Post punk yang banyak dipopulerkan oleh Joy Division, Interpol, Editors, The Cure, Artic Monkeys, The Killers, The Bravery, dll. Lebih tepatnya lagi mereka menyebut musiknya sebagai musik yang darkly sophisticated yang lebih melakukan penekanan pada lirik dan suasana musik yang gloomy tapi tetep punya beat yg danceable dan dandanan yang rapih abiz seperti orang kantoran.

Mereka adalah orang-orang yang cukup kompeten dalam dunia musik Jogja dengan Novan pada Bass yang juga merupakan bassis dari band yang telah terkenal di Jogja, Captain Jack, Alfonso pada Vocal dan Gitar yang merupakan ex Vokalis Band Nervous, Doni Sopha pada Gitar yang merupakan ex Gitaris dari Stabilo & Habitad dan Dodot pada Drum yang juga tergabung dalam Captain Jack team, ditambah lagi Widi  sang Keyboardis yang juga merupakan keyboardis dr beberapa band di Jogja. Bisa dibayangkan bagaimana musikalitas mereka?. Tentu tak dapat diragukan lagi. Ini terbukti juga dengan suksesnya mereka di ajang festival band tahunan, L.A LIGHTS INDIEFEST tahun 2007 yang lalu yang masuk sebagai Finalis dr Jogja dengan single andalannya, ‘Don’t Blame It’.

Mereka banyak membawa atmosfer-atmofer band postpunk luar, Interpol, sehingga nggak jarang juga orang menyebut mereka sang Interpol imitator. Yah, memang sebutan yang cukup pas juga buat mendeskripsikan band keren ini. Mungkin salah satu pengaruh Interpol juga, mereka menamakan band nya dengan Nama Heinrich Maneuver yah, yang merupakan salah satu judul lagu populer bikinan Interpol. Sebagai timbal baliknya, dalam suatu gigs yang cukup kecil disalah satu kampus di Jogja November 2008 kemarin saya mendengar si vokalis bilang, “Interpol punya lagu yang berjudul Heinrich Maneuver,  maka band kami, Heinrich Maneuver juga punya judul lagu Interpol”. Lalu, sontak penonton bertepuk tangan dilanjutkan dengan penampilannya menyanyikan lagu berjudul Interpol by Heinrich Maneuver.

Lanjut lagi saja tentang band Interpol nya Indonesia ini. Karakter suara si vocal, Alfonso juga nggak jauh” amat sama suaranya vokalis Interpol, Paul Banks Which is yang nge bass juga dipadu dengan dentuman bass dan gitar yang tajam dan lirik yang penuh tekanan dan vocal yang monoton datar.

 

 

 

 

0 comments: